Posted in Teknologi

Menghilangkan write/read protected pada flashdisk

Flashdisk

Peristiwa diatas terjadi ketika seorang teman meminta bantuan saya bahwa flashdisknya kok gak bisa ditulis maupun diformat. Setelah saya cek ternyata flashdisk kingstone-nya terprotek. Kemudian saya bongkar casing flashdisknya (kirain ada switchnya) ternyata sampai gundul itu flashdisk saya belum menemukan switchnya. ehm….sejuta pertanyaan mengelayut dalam pikiran saya (lebay mode on..hahahaahaha) kok bisa terlock ya ???

Mungkin Sebagian besar mungkin orang pernah mengalami hal seperti teman saya. Ketika menghapus atau menulis pada media flashdisk muncul peringatan “…Write protected enable….”. Nah kalau begini pasti kita berpikir bahwa flashdisk kita ter-lock. ya mungkin pikiran anda hampir 99% benar bahwa flashdisk anda dalam posisi locked mode walaupun sebenarnya saya tidak pernah tahu tentang fungsi write/read protected pada flashdisk
😀 (ya mungkin karena jarang memakainya, jadi gak pernah tahu.. hehehehehehe).
Namun kalau hal ini menimpa flashdisk yang ada switch-nya mungkin enak. Tinggal switch ke lock maka flashdisk secara otomatis akan ter-write protected. Lah kalau yang gak ada switchnya gimana ?

Akhirnya dengan iseng saya coba cari digoogle. Dan berbagai trikpun saya tirukan namun nihil hasilnya. Akhirnya sampai malas baca-baca forum dan hasil pencarian digoogle. mata saya langsung tertuju kesebuah forum didalam forum ini membahas tentang flashdisk merk apacer saja. nah perasaan males muncul kembali, karena saya berpikir mana mungkin kingstone sama dengan apacer. eits…ternyata salah penilaian saya bahwa arsitekturnya sama dan memory yang dipakaipun sama yaitu “CHIP SAMSUNG” akhirnya saya download software buat repair flashdisk apacer tersebut (tepatnya apacer handysteno HN212). Setelah itu saya buka aplikasinya dan………akhirnya berhasil flashdisk teman saya kembali seperti semula (walau datanya hilang….namanya juga diformat…).

Untuk download klik disini

NB : trik ini berlaku untuk flashdisk yang memiliki chip / arsitek yang sama dengan apacer handysteno HN212. dan sudah saya coba dibeberapa flashdisk dan programnya berfungsi antara lain : Kingstone datatraveler 2, A-data C802, Kingstone DT elite 1, Samsung YZF, Apacer HNxxx, A-Data Jogr/Lovr, Sandisk Cruzer Micro

Author:

Suka berkutat dengan apa saja mulai dari aktifitas tak berbahaya sampai yang membahayakan nyawa. Dan sekarang bekerja sebagai pegawai di yang tidak pernah naik pangkat. Saya juga memiliki hobi unik yaitu suka mencium aspal :D

Leave a Reply

