Posted in Teknologi, Tutorial

Mengubah MODEM TELKOM menjadi MODEM BIASA

malam malam daripada tidak ada pekerjaan iseng-iseng bongkar bongkar muatan (alias Rak) tidak sengaja saya menemukan modem bekas miliknya TELKOM Speedy yang tidak terpakai. tunggu dulu ini bukan milik pribadi loh tapi milik kantor saya..hahahaha…modem ini memiliki berbagai macam ssid mulai dari a-z dan memiliki banyak user juga. saya coba memanfaatkan modem ini (mumpung belum diminta kembali sama telkom….). memang saya dasarnya newbie yang saya lakukan adalah menekan tombol reset, siapa tahu rom bawaan telkom hilang. setelah saya reset ternyata hasilnya…….tetep sama rom telkom dan settingannya bertengger….. :D..ooopsss… apa yang harus saya lakukan sambil menjambak rambut teman saya..hahahaha…. saya tidak kekurangan akal saya coba mendownload rom dari tplink…oh ya saya lupa memberitahu jenis modemnya. modem yang saya gunakan untuk gajah percobaan ada tipe TP-LINK TD-W8151N versi 3 (kalo mau tau versinya klik link ini ya… yang ini). setelah saya download romnya dengan pede-nya saya install langsung dan ternyata modemnya menolak katanya illegal… apa !!!!!. 88% saya sudah pasrah. dalam hati berkata ah..mungkin ini kongkalikong telkom ama tplink ini….

heehehehe….ternyata prasangka buruk saya sirna setelah saya mengingat masa lalu waktu saya mencoba menganti rom zte. saatnya jurus terakhir dikeluarkan yaitu dengan menggunakan telnet, sapa tahu bisa dan ternyata bisa. berikut ini langkah-langkah untuk mengganti rom TP-LINK TD-W8151N V3 punya telkom speedy dengan rom asli pabrik.

1. pertama reset modem. colok itu lubang resetnya
2. buka aplikasi telnet client kayak putty, bitwise, dll
3. ketik alamat default modem 192.168.1.1 dengan port default 23
4. ketika ditanya user dan password ketik saja admin, atau kalau ditanya password ketik saja admin. hehehe sama ya
5. setelah berhasil masuk ketik sys modelcheck off
6. setelah itu buka browser dan ketik alamat 192.168.1.1 jika ditanya user dan password lakukan seperti no 4
7. download firmware dulu. karena modem ini menggunakan custom firmware maka hal pertama yang dilakukan ada melakukan downgrade ke firmware versi awal download disini. kemudian ekstrak. rom ini biasanya menggunakan nama ras.
8. upload firmware anda.
9. tunggu hingga restartnya selesai
10. jika selesai restart kembali ke no 2 s/d 4
11. setelah berhasil masuk ketik sys default dan tunggu restartnya sampai selesai
12. voila. semua settingan telkom termasuk logonya hilang
13. selamat bereksperimen
oh ya semua tindakan disini silahkan lakukan dengan resiko ditanggung penumpang (DIY) hehehehe…. silahkan isi pendapat ya kalau ada masukan atau ide atau pertanyaan. terima kasih

salam mojokpo’o

NB : Tindakan diatas terkadang dianggap melanggar hukum, untuk pihak TELKOM ini hanya buat latihan loh….

Author:

Suka berkutat dengan apa saja mulai dari aktifitas tak berbahaya sampai yang membahayakan nyawa. Dan sekarang bekerja sebagai pegawai di yang tidak pernah naik pangkat. Saya juga memiliki hobi unik yaitu suka mencium aspal :D

Leave a Reply

